INFOESDM.COM – PT PLN (Persero) bakal mengoperasikan 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 237 lokasi di Indonesia untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik selama masa mudik Lebaran 2023.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu 2 Maret 2023. mengatakan PLN berkomitmen untuk menyiapkan ekosistem yang mumpuni bagi pengguna electric vehicle (kendaraan listrik) di Indonesia.

“PLN memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia di jalur mudik sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik untuk melakukan pengisian daya,” kata Darmawan.

Ia mengatakan seluruh SPKLU tersebut siap melayani pengisian daya kendaraan listrik saat mudik Lebaran.

Lokasi SPKLU tersebut, di antaranya terletak pada rest area jalan tol di jalur mudik, yakni di sembilan titik di Tol Trans Jawa dan enam titik di Tol Trans Sumatera.

Adapun sembilan lokasi SPKLU yang berada pada rest area di sepanjang Tol Trans Jawa, di antaranya rest area kilometer (KM) 519 A (Solo-Ngawi), rest area KM 519 B (Ngawi-Solo), rest area KM 389 B (Batang-Semarang), rest area KM 379 A (Semarang-Batang), rest area KM 626 B (Kertosono-Madiun), rest area KM 207 A (Palikanci), rest area 208 B (Palikanci), rest area KM 10,6 Tol Jagorawi, dan rest area KM 6 (Jakarta-Cikampek).

Selanjutnya, untuk SPKLU di Tol Trans Sumatra yang bisa digunakan, yaitu rest area KM 20 B Lampung (Tol Bakauheni-Kayu Agung), rest area KM 49 A Lampung-Palembang, rest area KM 163 A Lampung Tengah, rest area KM 172 B Tulang Bawang Barat, rest area KM 269 Terpeka (Tol Bakauheni-Kayu Agung), dan rest area KM 277 Terpeka (Tol Bakauheni-Kayu Agung).

“Kami terus memperbanyak SPKLU untuk bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat beralih ke kendaraan listrik.”

“PLN berkomitmen untuk mendukung ekosistem yang mumpuni dan andal bagi pengguna kendaraan listrik (EV) di Indonesia,” ujar Darmawan.

SPKLU itu didukung dengan tiga jenis pengisian daya yang siap beroperasi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seperti jenis medium charging, fast charging hingga ultra fast charging.

Sementara itu, sebaran 616 SPKLU yang tersebar pada 237 lokasi yakni Pulau Jawa sebanyak 171 lokasi, Bali 34 lokasi, Sumatera 35 lokasi, Kalimantan 12 lokasi, Sulawesi 14 lokasi, Maluku dua lokasi, Nusa Tenggara sembilan lokasi, dan Papua dua lokasi.

Lokasi-lokasi tersebut dapat dicek melalui aplikasi PLN Mobile.

“Bagi para pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya tinggal buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih fitur electric vehicle lalu pilih SPKLU.”

“PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil listrik,” kata Darmawan.***

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.