INFOESDM.COM – Kebakaran lahan semak ilalang dan pepohonan dengan luas kurang lebih satu hektare terjadi di lereng Gunung Merbabu, Selasa 26 September 2023.

Adapun lokasi tepatnya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu blok Hutan Spekta Merbabu, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

TItik api pertama kali terpantau pada pukul 18.00 WIB. Api kemudian merambat dan menyebar ke segala penjuru.

“Api diketahui pada jam 18.00 WIB,” jelas staf Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Ashadi.

Mengetahui adanya titik api tersebut, anggota BPBD Kabupaten Semarang bersama tim gabungan dengan sigap melakukan pemadaman.

Baca artikel lainnya di sini: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan Rehabilitasi Kawasan Gunung Bromo Usai Insiden Kebakaran

Dengan menggunakan alat-alat seadanya, seperti sekop, parang, cangkul dan sabit. Upaya tersebut kemudian membuahkan hasil.

Dalam waktu kurang dari 90 menit atau pada pukul 19.25 WIb api dapat ditaklukan.

“Alhamdulillah sudah padam jam 19.25 WIB,” ungkap Ashadi.

Terkait penyebab terjadinya kebakaran lahan tersebut sampai saat ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D. menyampaikan hal itu dalam keterangan tertulisnya.***

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.